10/06/12

Study Kasus Calon Kepala Sekolah

Study Kasus bermacam bentuknya. Namun tujuan utama adalah untuk mengukur kemampuan analisis para calon kepala sekolah dalam menghadapi situasi bermasalah yang harus segera diselesaikan. Analisis tersebut dimulai dari identifikasi masalah yang terdapat dalam skenario situasi, sampai pada pembuatan rencana tindak yang harus dilaksanakan dalam waktu singkat.  Terdapat dua hal utama untuk mengetahui respon calon kepala sekolah, yaitu :
1.    memperoleh gambaran mengenai kemampuan dalam menganalisis dan mengatasi    situasi bermasalah secara taktis dalam waktu singkat
2.    memperoleh gambaran mengenai kemampuan berpikir taktis dan kritis dalam menganalisis, menelaah, dan mengatasi situasi bermasalah.

28/05/12

Tes Akademik Calon Kepala Sekolah


Bagi rekan guru yang akan mengikuti Tes Akademik yang dilaksanakan oleh LPPKS, gambaran pelaksanaan tes seperti di bawah ini :

       WAKTU
       KEGIATAN
    FASILITATOR
30 Mei 2012
12.00 – 14.00
Check In

14.00 – 14.45
Pembukaan
Prof. Dr. Siswandari, M.Stats.
14.45 – 15.30
OVERVIEW  KEGIATAN SELEKSI AKADEMIK
·     Agenda
·     Proses
·     Hasil yang Diharapkan

15.30 – 16.00
Istirahat

16.00 – 16.45
SELEKSI AKADEMIK: 30 menit
Instrumen Respon Situasional I.a.
Asesor PPK

16.45 – 17.45
SELEKSI AKADEMIK: 45 menit
Instrumen Respon Situasional I.b.
Asesor PPK

17.45 – 19.00
Istirahat

19.00 – 20.15
SELEKSI AKADEMIK: 60 menit
Instrumen Kreativitas dan Pemecahan Masalah
Asesor PPK
20.15 – 22.00
SELEKSI AKADEMIK: 90 menit
Instrumen Pengambilan Keputusan Berbasis Bukti
Asesor PPK
31 Mei 2012
08.00 – 11.45
SELEKSI AKADEMIK:
Penulisan Makalah Kepemimpinan
Asesor MK
11.45 – 16.00
Istirahat

16.00 – 17.45
SELEKSI AKADEMIK:
Wawancara
Asesor PPK
17.45 – 19.00
Istirahat

19.00 – 21.00
SELEKSI AKADEMIK:
Wawancara
Asesor PPK
1 Juni 2012
08.00 – 10.15
SELEKSI AKADEMIK:
Wawancara
Asesor PPK
10.15 – 10.30
Istirahat

10.30 – 12.00
SELEKSI AKADEMIK:
Wawancara
Asesor PPK
12.00 – 13.30
ISHOMA

13.30 – 15.30
SELEKSI AKADEMIK:
Wawancara
Asesor PPK
15.30 – Selesai
Penyelesaian Administrasi
Panitia

28/04/12

TES CAKEP 2012 :
PETUNJUK PENULISAN MAKALAH KEPEMIMPINAN

1.      Tema
Tema besar yang diangkat dalam menulis makalah ini adalah kepemimpinan Sekolah/Madrasah.
2.      Isi Makalah
Makalah kepemimpinan yang dituliskan memuat:
  1. Pemikiran saya tentang keterampilan kepemimpinan efektif. Di dalam bagian ini, calon kepalas sekolah menuliskan pandangan/ pemikirannya tentang keterampilan kepemimpinan yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang baik. Keterampilan ini meliputi keterampilan Mempengaruhi, Menggerakkan, Mengembangkan dan Memberdayakan (4M) sumber daya pendidikan untuk mencapai tujuan institusi (sekolah/madrasah).
  2. Penilaian diri sendiri tentang penerapan 4 M yang telah saya lakukan di sekolah/madrasah. Di dalam bagian ini, para calon kepala sekolah menilai diri sendiriterkait dengan keterampilannya dalam Mempengaruhi, Menggerakkan, Mengembangkan dan Memberdayakan sumber daya pendidikan (daya dukung sekolah/madrasah) dalam pencapaian tujuan sekolah/madrasah. Penilaian diri sendiri ini harus didukung oleh uraian pengalaman kepemimpinannya yang dapat digali dari penerapan tugas pokok dan tambahan saya di sekolah/madrasah, yang meliputi: pengalamannya ketika menjadi Pemimpin Pembelajaran (Guru), Wakil Kepala Sekolah/Madrasah, Pembina OSIS, Penanggung-jawab Ekstrakurikuler lainnya, Ketua Jurusan, Ketua Program, Wali Kelas, Koordinator Penerimaan Siswa baru, Ketua Laboratorium, Koordinator suatu kegiatan, dan lain-lain. 
PENILAIAN POTENSI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH
Penilaian Potensi Kepemimpinan (PPK) merupakan salah satu kegiatan dalam sistem penyiapan calon kepala sekolah/madrasah. PPK dimaksudkan untuk mengidentifikasi calon kepala sekolah/madrasah yang memiliki potensi kepemimpinan yang memungkinkan untuk dikembangkan. Penilaian potensi kepemimpinan dilakukan oleh asesor terlatih dan tersertifikasi. Fokus penilaian potensi kepemimpinan adalah kemampuan calon dalam membuat keputusan dengan alasan yang logis, merujuk pada rubrik, serta memberi umpan balik kepada calon sebagai dasar pengembangan diri
PPK-KS/M dimaksudkan untuk menilai kesiapan dan memilah para calon kepala sekolah yang potensial sehingga dapat berkontribusi secara optimal dalam peningkatan mutu pendidikan. Selengkapnya pada link berikut ini: http://lppks.org/download

26/04/12

PREDIKSI SOAL TES CAKEP 2012

PREDIKSI SOAL TES SELEKSI
CALON KEPALA SEKOLAH
TINGKAT TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA
 


I.      Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas !
  1. Standar kepala sekolah/madrasah diatur dalam peraturan menteri pendidikan nasional Nomor  13 tahun .2007
  2. Menurut peraturan menteri tersebut syarat kepala sekolah SMP/MTs adalah
a.        Berstatus sebagai guru SMP/MTs;
b.        Memiliki sertifikat pendidik sebagai guru SMP/MTs; dan
c.       Memiliki sertifikat kepala SMP/MTs yang diterbitkan oleh lembaga yang ditetapkan Pemerintah
  1. Menurut peraturan menteri tersebut kepala sekolah harus memiliki kompetensi apa saja? Sebutkan.

27/09/11

PENDIDIKAN BERKARAKTER BANGSA



Thomas Lickona, profesor pendidikan dari Cortland University(1992) menulis sebuah buku yang berjudul "Eleven Principles Of EffectiveCharacter Education" khusus mendiskusikan bagaimana seharusnya,melaksanakan pendidikan karakter di sekolah yang dikutip dari beberapapakar pendidikan. 

25/09/11

RPP IPS VI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                                   :    SDN .................. Jombang
Mata Pelajaran                      :    Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester                  :    VI / I
Alokasi Waktu                      :    18 x 35 menit
                                                        Pert. 1 – 6 (6 minggu)

I.         Standar Kompetensi
1. Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial Negara-negara di Asia Tenggara serta benua-benua.