Bagi rekan yang menginginkan kisi-kisi UKA dapat di lihat di http://semilirhati.blogspot.com/2012/02/daftar-kisi-kisi-uka-2012.html. semoga bermanfaat untuk persiapan diri !
28/06/12
16/06/12
Petunjuk Penulisan Ijazah 2012
PEDOMAN
PENGISIAN BLANGKO IJAZAH
SATUAN
PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
TAHUN
PELAJARAN 2011/2012
A. PETUNJUK
UMUM
1. Bingkai blangko
Ijazah pada setiap satuan pendidikan sebagai berikut:
a.
SD, MI, dan SDLB kombinasi warna merah, kuning, dan hitam;
b.
SMP, MTs, dan SMPLB kombinasi warna biru, kuning, dan hitam;
c.
SMA, MA, dan SMALB kombinasi warna hijau, kuning, dan hitam;
d.
SMK kombinasi warna hijau, kuning, dan hitam.
2. Ijazah diisi
oleh panitia yang dibentuk Kepala Sekolah.
3. Ijazah ditandatangani oleh Kepala Sekolah sesuai dengan
surat edaran BSNP Nomor :
0007/SDAR/BSNP/V/2012 tentang Penandatanganan
SKHUN dan Ijazah.
4. Ijazah ditulis dengan tulisan yang baik, benar, jelas,
rapi, dan bersih dengan menggunakan tinta warna hitam yang tidak mudah luntur dan
tidak mudah terhapus.
10/06/12
Study Kasus Calon Kepala Sekolah
Study Kasus
bermacam bentuknya. Namun tujuan utama adalah untuk mengukur kemampuan analisis para calon kepala sekolah dalam
menghadapi situasi bermasalah yang harus segera diselesaikan. Analisis tersebut
dimulai dari identifikasi masalah yang terdapat dalam skenario situasi, sampai
pada pembuatan rencana tindak yang harus dilaksanakan dalam waktu singkat. Terdapat dua hal utama untuk mengetahui respon
calon kepala sekolah, yaitu :
1.
memperoleh
gambaran mengenai kemampuan dalam menganalisis dan mengatasi situasi bermasalah
secara taktis dalam waktu singkat
2.
memperoleh
gambaran mengenai kemampuan berpikir taktis dan kritis dalam menganalisis,
menelaah, dan mengatasi situasi bermasalah.
28/05/12
Tes Akademik Calon Kepala Sekolah
WAKTU
|
KEGIATAN
|
FASILITATOR
|
30 Mei 2012
|
||
12.00 –
14.00
|
Check In
|
|
14.00 –
14.45
|
Pembukaan
|
Prof. Dr.
Siswandari, M.Stats.
|
14.45 –
15.30
|
OVERVIEW KEGIATAN
SELEKSI AKADEMIK
· Agenda
· Proses
· Hasil yang Diharapkan
|
|
15.30 –
16.00
|
Istirahat
|
|
16.00 –
16.45
|
SELEKSI
AKADEMIK: 30 menit
Instrumen Respon Situasional I.a.
|
Asesor
PPK
|
16.45 –
17.45
|
SELEKSI AKADEMIK:
45 menit
Instrumen Respon Situasional I.b.
|
Asesor
PPK
|
17.45 –
19.00
|
Istirahat
|
|
19.00 –
20.15
|
SELEKSI
AKADEMIK: 60 menit
Instrumen Kreativitas dan Pemecahan Masalah
|
Asesor
PPK
|
20.15 –
22.00
|
SELEKSI
AKADEMIK: 90 menit
Instrumen Pengambilan Keputusan Berbasis Bukti
|
Asesor
PPK
|
31 Mei 2012
|
||
08.00 –
11.45
|
SELEKSI
AKADEMIK:
Penulisan
Makalah Kepemimpinan
|
Asesor MK
|
11.45 –
16.00
|
Istirahat
|
|
16.00 –
17.45
|
SELEKSI
AKADEMIK:
Wawancara
|
Asesor
PPK
|
17.45 –
19.00
|
Istirahat
|
|
19.00 –
21.00
|
SELEKSI
AKADEMIK:
Wawancara
|
Asesor
PPK
|
1 Juni 2012
|
||
08.00 –
10.15
|
SELEKSI
AKADEMIK:
Wawancara
|
Asesor
PPK
|
10.15 –
10.30
|
Istirahat
|
|
10.30 –
12.00
|
SELEKSI
AKADEMIK:
Wawancara
|
Asesor
PPK
|
12.00 –
13.30
|
ISHOMA
|
|
13.30 –
15.30
|
SELEKSI
AKADEMIK:
Wawancara
|
Asesor
PPK
|
15.30 –
Selesai
|
Penyelesaian
Administrasi
|
Panitia
|
28/04/12
TES CAKEP 2012 :
PETUNJUK PENULISAN MAKALAH KEPEMIMPINAN
Tema besar yang diangkat dalam menulis makalah ini adalah kepemimpinan
Sekolah/Madrasah.
2.
Isi Makalah
Makalah kepemimpinan yang dituliskan memuat:
- Pemikiran saya tentang keterampilan
kepemimpinan efektif. Di dalam bagian ini, calon kepalas
sekolah menuliskan pandangan/ pemikirannya tentang keterampilan
kepemimpinan yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang baik.
Keterampilan ini meliputi keterampilan Mempengaruhi, Menggerakkan,
Mengembangkan dan Memberdayakan (4M) sumber daya pendidikan untuk
mencapai tujuan institusi (sekolah/madrasah).
- Penilaian diri sendiri tentang penerapan 4 M yang telah saya lakukan di sekolah/madrasah. Di dalam bagian ini, para calon kepala sekolah menilai diri sendiriterkait dengan keterampilannya dalam Mempengaruhi, Menggerakkan, Mengembangkan dan Memberdayakan sumber daya pendidikan (daya dukung sekolah/madrasah) dalam pencapaian tujuan sekolah/madrasah. Penilaian diri sendiri ini harus didukung oleh uraian pengalaman kepemimpinannya yang dapat digali dari penerapan tugas pokok dan tambahan saya di sekolah/madrasah, yang meliputi: pengalamannya ketika menjadi Pemimpin Pembelajaran (Guru), Wakil Kepala Sekolah/Madrasah, Pembina OSIS, Penanggung-jawab Ekstrakurikuler lainnya, Ketua Jurusan, Ketua Program, Wali Kelas, Koordinator Penerimaan Siswa baru, Ketua Laboratorium, Koordinator suatu kegiatan, dan lain-lain.
PENILAIAN POTENSI
KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH
Penilaian Potensi Kepemimpinan (PPK) merupakan salah
satu kegiatan dalam sistem penyiapan calon kepala sekolah/madrasah. PPK
dimaksudkan untuk mengidentifikasi calon kepala sekolah/madrasah yang memiliki
potensi kepemimpinan yang memungkinkan untuk dikembangkan. Penilaian potensi
kepemimpinan dilakukan oleh asesor terlatih dan tersertifikasi. Fokus penilaian
potensi kepemimpinan adalah kemampuan calon dalam membuat keputusan dengan
alasan yang logis, merujuk pada rubrik, serta memberi umpan balik kepada calon
sebagai dasar pengembangan diri
PPK-KS/M dimaksudkan untuk menilai kesiapan dan
memilah para calon kepala sekolah yang potensial sehingga dapat berkontribusi
secara optimal dalam peningkatan mutu pendidikan. Selengkapnya pada link berikut ini: http://lppks.org/download
26/04/12
PREDIKSI SOAL TES CAKEP 2012
PREDIKSI SOAL TES SELEKSI
CALON KEPALA SEKOLAH
TINGKAT TK/RA, SD/MI, SMP/MTs,
SMA/SMK/MA

I.
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas !
- Standar kepala sekolah/madrasah diatur dalam peraturan
menteri pendidikan nasional Nomor 13 tahun .2007
- Menurut peraturan menteri tersebut syarat kepala
sekolah SMP/MTs adalah
a.
Berstatus sebagai guru SMP/MTs;
b.
Memiliki sertifikat pendidik sebagai guru
SMP/MTs; dan
c. Memiliki sertifikat kepala SMP/MTs yang
diterbitkan oleh lembaga yang ditetapkan Pemerintah
- Menurut peraturan menteri tersebut kepala sekolah harus
memiliki kompetensi apa saja? Sebutkan.
Langganan:
Postingan (Atom)