TES CAKEP 2012 :
PETUNJUK PENULISAN MAKALAH KEPEMIMPINAN
Tema besar yang diangkat dalam menulis makalah ini adalah kepemimpinan
Sekolah/Madrasah.
2.
Isi Makalah
Makalah kepemimpinan yang dituliskan memuat:
- Pemikiran saya tentang keterampilan
kepemimpinan efektif. Di dalam bagian ini, calon kepalas
sekolah menuliskan pandangan/ pemikirannya tentang keterampilan
kepemimpinan yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang baik.
Keterampilan ini meliputi keterampilan Mempengaruhi, Menggerakkan,
Mengembangkan dan Memberdayakan (4M) sumber daya pendidikan untuk
mencapai tujuan institusi (sekolah/madrasah).
- Penilaian diri sendiri tentang penerapan 4 M
yang telah saya lakukan di sekolah/madrasah. Di dalam bagian
ini, para calon kepala sekolah menilai diri sendiriterkait
dengan keterampilannya dalam Mempengaruhi, Menggerakkan,
Mengembangkan dan Memberdayakan sumber daya pendidikan (daya dukung
sekolah/madrasah) dalam pencapaian tujuan sekolah/madrasah. Penilaian diri
sendiri ini harus didukung oleh uraian pengalaman kepemimpinannya yang
dapat digali dari penerapan tugas pokok dan tambahan saya di
sekolah/madrasah, yang meliputi: pengalamannya ketika menjadi
Pemimpin Pembelajaran (Guru), Wakil Kepala Sekolah/Madrasah, Pembina
OSIS, Penanggung-jawab Ekstrakurikuler lainnya, Ketua Jurusan, Ketua
Program, Wali Kelas, Koordinator Penerimaan Siswa baru, Ketua
Laboratorium, Koordinator suatu kegiatan, dan lain-lain.
- Rencana tindakan kepemimpinan calon kepala
sekolah/madrasah.
- Di dalam bagian ini,para calon kepala
sekolahharus menuliskan rencana tindakan kepemimpinan yang didasarkan pada
hasil penilaian terhadap diricalon kepala sekolahyang telah dilakukan di
bagian sebelumnya. Misalnya, jikadiamerasa masih kurang di dalam
keterampilan mempengaruhi orang, bagaimana caradiameningkatkan keterampilan
ini? Cara peningkatan keterampilan ini harus dituangkan ke dalam rencana
tindakan bagian pertama, yang memuat: rencana program, alasan pemilihan
program, dan langkah-langkah untuk melaksanakan program tersebut.
- Selain rencana tindakan bagian pertama,para
calon kepala sekolahjuga harus merumuskan rencana tindakan bagian kedua.
Untuk membuat rencana tindakan kedua ini, pertama-tama saya harus
‘melihat’ dan menceritakan kondisi sekolah/madrasah tempat saya bertugas
sekarang. Jikadiamenjadi pemimpin di sekolah/madrasah ini, apa yang
akandialakukan untuk meningkatkan kualitas sekolah/madrasah ini? Apa yang
akandialakukan ini harus dituangkan dalam rencana tindakan bagian kedua
yang memuat: rencana program, alasan pemilihan program, dan
langkah-langkah untuk melaksanakan program tersebut.
3.
Waktu dan Tempat
a. Waktu yang dialokasikan dalam penulisan makalah kepemimpinan
adalah 5 x 45 menit.
b. Penulisan makalah dilakukan di tempat seleksi.
4.
Rambu-rambu Penulisan
a. Makalah ditulis tangan dengan rapi menggunakan ballpoint dengan
warna tinta biru.
b. Penulisan dilakukan pada kertas folio bergaris yang telah
distempel oleh panitia.
c. Jumlah tulisan minimal empat halaman folio tanpa spasi (jika
menggunakan spasi, tulisan terdiri dari delapan halaman folio).
d. Makalah ditulis dengan tulisan yang rapi dan huruf cetak (bukan
bersambung)
5.
Buku sumber atau referensi
Calon kepala sekolah/madrasah dinilai dari tulisan yang berupa
makalah tentang Kepemimpinan Sekolah/Madrasah yang memuat tiga
komponen, yaitu:
- pemikiran calon tentang keterampilan
kepemimpinan 4M dalam pencapaian tujuan sekolah/madrasah.
- penilaian diri calon terhadap penerapan 4M yang
telah dilakukannya di sekolah/madrasah.
- rencana tindakan kepemimpinan calon kepala
sekolah/madrasah.
Jika anda kurang jelas, klik ini
Terima kasih kawan, sangat membantu
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus