25/09/11

RPP IPS VI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                                   :    SDN .................. Jombang
Mata Pelajaran                      :    Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester                  :    VI / I
Alokasi Waktu                      :    18 x 35 menit
                                                        Pert. 1 – 6 (6 minggu)

I.         Standar Kompetensi
1. Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial Negara-negara di Asia Tenggara serta benua-benua.


II.        Kompetensi Dasar
1.1  Mendeskripsikan perkembangan system administrasi wilayah Indonesia

III.      Tujuan Pembelajaran**
¨       Siswa dapat Menjelaskan tentang perkembangan system administrasi wilayah Indonesia.

v  Karakter siswa yang diharapkan :              Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian (respect ), Tekun ( diligence ) , Jujur ( fairnes )  dan  Ketelitian ( carefulness)

IV.     Materi Pokok
§  Perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia

V.       Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 1-6)
·       Kegiatan awal
F  Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
F  Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
·       Kegiatan inti
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menjelaskan tentang perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia
F  Tanya jawab tentang perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia
F  Menunjukkan perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia dalam peta / atlas, globe
F  Mengamati peta / atlas, globe setelah itu menunjukkan dalam peta/atlas, globe tersebut
F  Membandingkan perkembangan sistem administrasiwilayah Indonesia dengan negara-negara tetangga.
F  Mengamati dan mendiskusikan tentang perkembangan sistem admisitrasi wilayah Indonesia dengan negara-negara tetangga.
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
&     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·         Kegiatan Penutup
        Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

VI.     Alat Dan Sumber Bahan
§  Peta
§  Globe
§  Buku yang relevan

VII.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§  Menjelaskan perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia
§  Menunjukan perkembangan sistem administrasi wlayah Indonesia dalam Peta/globe
§  Membandingkan perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia dengan negara-negara tetangga
Tertulis,
uraian
Jelaskan perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia




Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1




&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                                                     Jombang,  ......................20 ...
        Mengetahui                                                                                                
        Kepala Sekolah                                                                               Guru Mapel IPS


             ..................................                                                                      ..................................
NIP :                                                                                               NIP :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                                   :    SDN ............................ Jombang
Mata Pelajaran                      :    Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester                  :    VI / I
Alokasi Waktu                      :    18 x 35 menit
                                                        Pert. 7 – 12 (6 minggu)

I.         Standar Kompetensi
1. Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial Negara-negara di Asia Tenggara serta benua-benua.

II.        Kompetensi Dasar
1.2  Mendeskripsikan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga

III.      Tujuan Pembelajaran**
¨       Siswa dapat Menjelaskan tentang kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga.

v  Karakter siswa yang diharapkan :              Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian (respect ), Tekun ( diligence ) , Jujur ( fairnes )  dan  Ketelitian ( carefulness)

IV.     Materi Pokok
§  Kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga.

V.       Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 7-12)
·       Kegiatan awal
F  Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
F  Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
·       Kegiatan inti
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menjelaskan tentang kenampakan alam dan sosial negara-negara tetangga
F  Tanya jawab dan observasi tentang kenampakan alam dan sosial negara-negara tetangga
F  Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
&     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·         Kegiatan Penutup
        Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

VI.     Alat Dan Sumber Bahan
§  Peta, atlas
§  Globedan Buku yang relevan
VII.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§  Menunjukan tentang kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga
§  Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga
Tertulis,
uraian
Jelaskan Perbanding-an kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga


Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


                                                                                                                     Jombang., ......................20 ...
        Mengetahui                                                                                                
        Kepala Sekolah                                                                               Guru Mapel IPS


             ..................................                                                                      ..................................
NIP :                                                                                               NIP :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar