RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN ..................
Jombang
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester : VI / I
Alokasi Waktu : 18 x 35 menit
Pert.
1 – 6 (6 minggu)
I.
Standar Kompetensi
1. Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan
alam dan keadaan sosial Negara-negara di Asia Tenggara serta benua-benua.
II.
Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan
perkembangan system administrasi wilayah Indonesia
III.
Tujuan
Pembelajaran**
¨
Siswa dapat Menjelaskan tentang perkembangan system administrasi
wilayah Indonesia.
v
Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline
), Rasa hormat dan perhatian (respect ),
Tekun ( diligence ) , Jujur ( fairnes
) dan
Ketelitian ( carefulness)
IV.
Materi Pokok
§
Perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia
V.
Langkah-Langkah Pembelajaran
(Pertemuan 1-6)
·
Kegiatan awal
F Mengajak
semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan
masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
F Memberikan
motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
·
Kegiatan inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan
tentang perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia
F Tanya
jawab tentang perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia
F Menunjukkan
perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia dalam peta / atlas, globe
F Mengamati
peta / atlas, globe setelah itu menunjukkan dalam peta/atlas, globe tersebut
F Membandingkan
perkembangan sistem administrasiwilayah Indonesia dengan negara-negara
tetangga.
F Mengamati
dan mendiskusikan tentang perkembangan sistem admisitrasi wilayah Indonesia
dengan negara-negara tetangga.
F melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
·
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
VI.
Alat Dan Sumber Bahan
§
Peta
§
Globe
§
Buku yang relevan
VII.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§
Menjelaskan perkembangan sistem
administrasi wilayah Indonesia
§
Menunjukan perkembangan sistem administrasi
wlayah Indonesia dalam Peta/globe
§
Membandingkan perkembangan sistem
administrasi wilayah Indonesia dengan negara-negara tetangga
|
Tertulis,
|
uraian
|
Jelaskan
perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia
|
Format Kriteria
Penilaian
&
Produk (
hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
*
Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
*
tidak Pengetahuan
*
Sikap
*
kadang-kadang Sikap
*
tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka
diadakan Remedial.
Jombang, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel IPS
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN ............................
Jombang
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester : VI / I
Alokasi Waktu : 18 x 35 menit
Pert.
7 – 12 (6 minggu)
I.
Standar Kompetensi
1. Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan
alam dan keadaan sosial Negara-negara di Asia Tenggara serta benua-benua.
II.
Kompetensi Dasar
1.2
Mendeskripsikan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara
tetangga
III.
Tujuan
Pembelajaran**
¨
Siswa dapat Menjelaskan tentang kenampakan alam dan keadaan sosial
negara-negara tetangga.
v
Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline
), Rasa hormat dan perhatian (respect ),
Tekun ( diligence ) , Jujur ( fairnes
) dan
Ketelitian ( carefulness)
IV.
Materi Pokok
§
Kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga.
V.
Langkah-Langkah Pembelajaran
(Pertemuan 7-12)
·
Kegiatan awal
F Mengajak
semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan
masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
F Memberikan
motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
·
Kegiatan inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan
tentang kenampakan alam dan sosial negara-negara tetangga
F Tanya
jawab dan observasi tentang kenampakan alam dan sosial negara-negara tetangga
F Membandingkan
kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga
F melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
·
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
VI.
Alat Dan Sumber Bahan
§
Peta, atlas
§
Globedan Buku yang relevan
VII.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§
Menunjukan tentang kenampakan alam dan
keadaan sosial negara-negara tetangga
§
Membandingkan kenampakan alam dan keadaan
sosial negara-negara tetangga
|
Tertulis,
|
uraian
|
Jelaskan Perbanding-an kenampakan alam dan
keadaan sosial negara-negara tetangga
|
Format Kriteria
Penilaian
&
Produk (
hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
*
Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
*
tidak Pengetahuan
*
Sikap
*
kadang-kadang Sikap
*
tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka
diadakan Remedial.
Jombang.,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel IPS
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar